Tips Memberi Pakan Yang Benar Terhadap Ikan Gurami

Sebelumnya kita telah membahas banyak tips-tips yang sangat membantu kita sebelum memulai usaha budidaya ikan gurami, diantaranya Tips Memilih Lokasi, Tips Menetukan Kualitas Air, dan Tips Memilih Benih

Sekarang kita akan membahas tentang Bagaimana Memberi Pakan Yang Benar Terhadap Ikan Gurami. Pemberian pakan yang benar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kita dalam usaha budidaya ikan gurami. 
 
Tips Memberi Pakan Yang Benar Terhadap Ikan Gurami

Makanan alami gurami adalah fitoplankton, daun tumbuhan lunak, zooplankton dan serangga. Sifat omnivora yang dimiliki ikan gurami seharusnya menjadikan cepat tumbuh dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. 

Namun ikan gurami terkenal sebagia ikan yang gerakannya lambat sehingga sering dikalahkan oleh ikan jenis lain dalam memperebutkan  makan hewani. Jadi tak mengherankan jika pertembuhannya tidak secepat ikan omnivora lainnya.

Untuk merangsang pertumbuhan ikan gurami perlu diberikan pakan hewan dan pakan nabati dalam komposisi yang ideal. Gurami tidak dapat diberi 100% pakan pabrik karena dagingnya akan menjadi lembek. Komposisi pakan ikan gurami yang paling ideal adalah mengandung 40% kadar protein. 

Ransumharian untuk pakan pabrik atau pelet sekitar 2% dari bobot badan ikan gurami tersebut.
Meskipun kadar proteinnya yang diberikan sudah mencapai 40%, pemeliharaan ikan gurami di kolam masih mungkin terdapat sisa pakan. 

Jika hal ini terjadi, kadar protein yang diberikan bisa dikurangi. Yang terpenting adalah kadar protein dari pakan nabati yang tidak boelh kurang dari 25%.
 
Untuk memenuhi pakan nabati ikan gurami, bisa disediakan berbagai jenis hijauan seperti daun sente, kangkung,daun ubi kayu, tanaman air, dan daun tanaman darat yang muda dan lunak. Jika ditambah dengan enzim komplek, pemeberian pakan hewan hewani dan nabati yang baik adalah 2% per Kg.
 
Berdasarkan pengalaman, pemberian daun sente akan memberikan pertumbuhan yang paing baik terhadapa ikan gurami tersebut. Pemberian pakan nabati tersebut biasanya diakukan pada saat ikan berumur 3,5 bulan atau seukuran korek.
 
Untuk mempermudah cara pemberian pakan terhadap ikan gurami, makan pakan ikan disesuaikan berdasarkan tungkatan umur ikan tersebut. Berikut tabel Pakan Ikan Gurami Berdasarkan Tingkatan Umur :

Tips Memberi Pakan Yang Benar Terhadap Ikan Gurami

Demikian sedikit banyak tentang Bagaimana Membei Pakan Ikan Gurami yang Benar, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua... Terima Kasih :D



Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Memberi Pakan Yang Benar Terhadap Ikan Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

4 comments:

  1. Azolla Microphylla PAKAN TERNAK IKAN DAN HEWAN

    info pemesanan Bayu : 082378483036 ( lokasi lampung )

    Azolla merupakan tanaman dari jenis kelompok paku-pakuan, yang sangat bermanfaat dalam dunia pertanian dan perternakan. Telah digunakan di banyak negara seperti Jepang sebagai pengganti pupuk pada padi dan India sebagai pangan buat sapi. Azolla sendiri bermanfaat juga digunakan sebagai pakan ikan lele, gurame, patin, nila, dll. serta ayam, kelinci, bebek, kambing, sapi, kerbau, dsb.. karena kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi dengan pakan-pakan konvensional seperti pelet buatan.

    kami disini sebagai pembibit Azolla, menyaranakan bagi para petani maupun peternak untuk mulai menggunakan azolla sebagai pupuk dan pakan alternatif. semua itu diKarenakan GRATIS! anda bisa mengembangkan Azolla anda sendiri di rumah dan pekarangan anda. Saya juga akan memberikan info-info bagi anda dalam hal menggunakan Azolla ini seperti, mengembangbiakkannya, mengubahnya menjadi pelet (membuat pelet pakan sendiri dengan mudah), sampai cara pemberian sebagai pakan alternatif.

    kami juga tidak melarang apabila anda ingin berjualan bibit azolla seperti kami, karena visi saya adalah Indonesia Hijau dan Maju karena banyak pembudidaya mulai terhimpit masalah pakan yang semakin melonjak harganya.


    * Perikanan: Efisiensi pakan ikan pabrikan hingga 30% dengan tingkat pertumbuhan yang sama.
    * Perternakan: Sebagai pengganti hijauan rumput untuk pakan ternak, terutama pada saat musim kemarau rumput sulit didapatkan.
    * Pertanian: Sebagai pupuk organik yang dapat menggantikan pupuk urea dengan tingkat hasil yang lebih bagus.



    NB: Azolla yang kami budidayakan berdaun tebal dan masih bertahan hidup dalam perjalanan/pengiriman 3 hari..
    Tolong dipastikan expedisi yg anda pilih dan estimasi pengirimannya.

    terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  4. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete

Back to top