6 Tips Menentukan Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Gurami

Setelah sebelumnya kita membahasa tentang Bagaimana Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Budidaya Ikan Gurami , kali ini kita akan membahas tentang Bagaimana Menentukan Kualitas Air Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami.
 
Kualitas air merupakan faktor yang paling menentukan dalam budidaya ikan gurami. Tidak sedikit kendala budi daya ikan gurami yang disebabkan oleh buruknya kualitas air. Beberapa faktor lingkungan seperti suhu, debit air, kandungan oksigen, derajat keasaman (pH) dan kedalaman air berpengaruh langsung dalam menentukan kualitas air.
 
6 Tips Menentukan Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Gurami

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu dari faktor lingkungan tersebut :

Suhu air

Suhu idela bagi pertumbuhan ikan gurami adalah 24-28’C. Apabila perbedaan suhu siang dan malam terlalu besar, maka pertumbuhan ikan gurami akan terganggu. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar oksigen di dalam kolam di bawah angka ideal, yakni 4-6 mg/liter. Kecenderungan menunjukan bahwa suhu yang terlalu dingin memiliki resiko tinggi berkembangnya beberapa penyakit ikan. Hal ini tampak saat musim hujan tiba. 

Saat itu banyak petani budi daya ikan gurami yang mengeluh karena sering terjadi gagal panen. Untuk menghindari gagal panen, alternatif yang digunakan dengan menanam pohon-pohon peneduh di pinggir kolam agar tidak terjadi perbedaan suhu yang terlau besar.

Debit Air

Debit air atau besarnya air yang mengalir ke dalam kolam untuk setiap tipe kolam berbeda-beda. Kolam peliharaan polikultur (campuran gurami dengan ikan lain) membutuhkan debit air 5-12 liter/detik, sedangkan untuk kolam monokultur (hanya memelihara ikan gurami) debit air idealnya sekitar 3 liter/detik.

Kedalaman Air

Idelanya kedalaman air yang digunakan dalam kolam pertumbuhan gurami antara 70-100 cm. Bila ketinggian air terlalu dangkal menyebabkan perubahan suhu yang tidak setabil. Sebaliknya, apabila kolam terlalu dalam akan mengurangi kesuburan kolam karena cahaya matahari tidak dapat menembus kedalam dasar kolam.

Derajat Keasaman Air (pH)

Kolam pemeliharaan ikan gurami idelanya memliki pH netral, yakni antara 6,5 – 7,5. Untuk menentkan besarnya pH dapat digunakan kertas lakmus atau pH meter. Apabila besarnya pH kurang dari 6 berati kondisi air terlalu asam. Cara menetralkan pH agar tidak terlalu asam dengan cara mencampurkan kapur (CaCO3) atau soda kue ke dalam air. 

Sementara itu, penambahan asam fosfor dilakkan untuk air yang terlalu basa. Ketika menambahkan bahan-bahan tersebut harus dilakukan secara hati-hati dan sedikit demin sedikit, yaitu tidak lebih dari 0,3 unit perhari. Setiap kali penambahan dilakkan, pengukuran pH harus dilakukan.

Kandungan oksigen

Apabila kandunganoksigen ddalam kolam sedikit akan berakibat pada daya tahan tubuh ikan gurami tersebut. Ikan gurami memerlukan kandungan oksigen sebesar  5ppm. Kadar oksigen dapat ditingkatkan dengan cara menjaga aliran air agar tetap lancar. Dan membiarkan permukaan kolam tetap terbuka.

Derajat kekeruhan

Kondis air yang keruh dapat menggangu pernafasan dan menurunnya selera makan ikan gurami. Derajat kekeruhan ini dapat diukur dengan memasukan benda yang berwarna putih kedalam kolam hingga kedalaman 40 cm. Bila benda tersebut masih nampak, maka tingkat kekeruhan air kolam masih belum menggangu kehidupan ikan.

Demikian sedikit banyak tentang Tips Menentuka Kualitas Air Kolam Untuk Budidaya Ikan Gurami yang dapat kita ulas. Untuk Selanjutnya masih ada beberapa kiat yang wajib diketahui kita semua sebelum memulai budidaya ikan gurami...

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 6 Tips Menentukan Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

8 comments:

  1. bagaimana cara mengetahui bibit gurame yg baik gan?

    ReplyDelete
  2. Ikan gurame di air payau bisa gk gan

    ReplyDelete
  3. Temperatur dasar kolam dg di atas berapa selisihnya

    ReplyDelete
  4. Cara menghilangkan zat air PAM , dgn cara tepat dan sekitarnya biaya ..pakai apa pak,

    ReplyDelete
  5. baiknya ke dalaman air pada gurame ukuran 2 jari.. berapa cm pak

    ReplyDelete
  6. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  7. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  8. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete

Back to top