Tips Memilih Benih Ikan Gurami Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Tips Menentukan Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Gurami sekarang kita akan membahas tentang Bagaimana Memilih Benih Ikan Gurami. Pemilihan benih ikan gurami yang baik dan benar sangat mempengaruhi hasil yang akan didapat pada budidaya ikan gurami tersebut. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menentukan benih ikan gurami yang akan digunakan.

Tips Memilih Benih Ikan Gurami Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami

Asal usul benih ikan gurami ikut menentukan berhasil tidaknya usaha budi daya ikan gurami. Untuk budi daya ikan gurami di daerah dataran rendah, sebaiknya menggunakan benih yang berasal dari daerah dataran rendah juga. Pertimbangannya adalah untuk menyingkat waktu adaptasi serta mengurangi tingginya resiko kematian ikan gurami tersebut.

Syarat yang digunakan harus sehat. Ciri-ciri benih yang sehat tampak dari gerakan renangnya yang lincah, sisik yang mengkilap, bebas penyakit dan ukurannya relatif seragam. 

Pemilhan ukuran benih yang tidak seragam bisa mengakibatkan terjadinya persaingan pakan dan ruang gerak ikan gurami dalam satu kolam. Benih ikan yang lebih besar ukurannya, dipastikan akna tumbuh lebih cepat. Sebaliknya ukuran yang lebih kecil akan tumbuh lebih lambat.

Untuk usaha pembesaran atau memperoleh ikan gurami yang siap konsumsi dengan bobot kira-kira 500 gram/ekor,  sebaiknya menggunakan benih yang berumur lebih dari satu tahun atau bobot badannya sekitar 100 gram/ekor. Benih tersebut ditebar dalam kepadatan 10-15 ekor /m2. 

Waktu pemeliharaan yang diperlukan untuk memperoleh ukuran gurami yang siap konsumsi sekitar 6-7 bulan. Tingkat kematiannya antara 20-25%.

Usaha penebaran benih dilakukan pada pagi dan sore hari. Pada saat itu cuaca tidak terlalu panas sehingga benih tidak mengalami stres dan cepat menyesuaikan diri. Selain itu, pada kondisi pagi dan sore hari kondisi suhu antara permukaan kolam dan dasar kolam tidak terlalu berbeda jauh. 

Bila penebarannya menggunakan kantong plastik, masukan kantungplastik tersebut kedalam kolam. Hal ini bertujuan agar terjadi penyesuain suhu antara air di kolam ikan gurami dan air di dalam kantun plastik. Lakukan penebaran secara perlahan. Setelah selang beberapa waktu, buka kantong plastik tersebut dan biarkan ikan gurami berengan sendiri keluar dari dala kantung pastik.

Demikian sedikit banyak tentang Tips Memilih Benih Ikan Gurami Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami yang dapat kita ulas. Untuk Selanjutnya masih ada beberapa kiat yang wajib diketahui kita semua sebelum memulai budidaya ikan gurami...

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Memilih Benih Ikan Gurami Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

4 comments:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  2. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  3. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete
  4. jual bibit ikan gurame sya :) yg mau order bisa hbngin 085779922018

    ReplyDelete

Back to top