Kendala Budidaya Gurami

SALAM SUKSES!!!!

Halo apa kabar teman-teman semua??Semoga semua dalam keadaan baik.

Oh ya.., kali ini kita akan sedikit banyak membahas tentang kendala budidaya ikan gurami. Ibarat kata kita mau maju perang, salah satu strategi untuk dapat mengalahkan musuh adalah dengan mengkaji kelemahan musuh kita tersebut. Apabila kita sudah mendapatkan  kelemahan musuh, maka kita dengan mudah menyusun langkah yang tepat untukk meraih kemenangan. 

Kendala Budidaya Gurami

Sama halnya dengan usaha budi daya ikan gurami. Budidaya ikan gurami juga mempunya kendala yang sering menjadi musuh para petani ikan gurami. Agar kita dapat meraih keberhasilan dalam budi daya ikan gurami ini, sebaiknya kita mengetahui apa saja kendala-kendala dalam proses budi daya ikan gurami tersebut. Untuk itu langsung saja kita bersama-sama mencoba mengkajinya melalui artikel dibawah ini.

Seperti usaha lainnya, bisnis budi daya ikan gurami juga tidak dapat lepas darinberbagai kendala dan resiko. Sejauh ini, kendala yang sering muncul biasnya disebakan oleh masalah lingkungan dan serangan penyakit terhadap ikan gurami. Dari permasalahn tersebut kualitas air merupakan faktor utamanya. Buruknya kualitas air dapat disebabkan karena pemilihan tempat yang kurang tepat, buruknya sanitasi atau kebersihan air yang buruk dan pemberian pakan yang salah. 

Kendala lain yang sering terjadi dan tidak kalah pentingnya adalah kesalahan penanganan pasca panen dan turunnya harga ikan gurami yang sering dialami oleh petani benih dan pendederan. Anjloknya harga tersebut sama sekali bukan akibat dari fluktuasi permintaan yang terlalu tinggi, namun lebih berkaitan dengan kurangnya usaha pembesaran akibat pengaruh musim.

Sebgai contoh kendala budi daya ikan, kasus rusakknya kualitas air akibat polusi lingkungan dan sanitasi yang buruk, terjadi di salah satu kota di jawa Tengah. Di kota ini, sumber irigasi yang dipergunaan untuk mengaliri kolam ikan gurami tecemar oleh limbah pabrik yang berada di tepi sungai. Sehingga kualitas iar yang digunakan tidak bagus dan sanitasi yang buruk tersebut berdampak  pada merajalelanya penyakit terhadap ikan gurami. Penyakit pada ikan gurami ini tidak pandang bulu, dari ikan ukuran benih hingga induk dewasa.

Disamping sanitasi seperti diatas, masalah yang sangat penting diperhatikan dan sering terjadi dan berakibat fatal adalah pakan. Pemberian pakan pada ikan gurami apabila tidak dilakukan dengan benar, pola pemberian pakan buatan secara intensif justru akan memberikan persoalan baru. Hal dapat ditimbulkan dari pemberian paka yang tidak benar adalah masalah baru yang berupa hama dan penyakit. Penyakit pada ikan gurami tidak hanya di sebabkan oleh sanitasi yang buruk, melainkan dapat juga timbul oleh pemberian pakan yang tidak benar.

Sebagai contoh, pemberian pakan buatan dapat berakibat yang berlebihan akan berakibat penumpukan bahan organik berat di dasar kolam, yang menyebabkan penyakit pada ikan gurami.

Kecerobohan dalam pemberian pakan buatan tersebut dan penyiapan kolam yang kurang bersih mengkibatkan kualitas air menjadi sangat buruk yang berakibat pada kegagalan budi daya ikan gurami. Munculnya berbagai persoalan dalam budi daya ikan gurami sebenarnya dapat di atasi dengan berbagai cara. 

Bagian terpenting dalam proses budi daya ikan gurami ini adalah proses pendekatan segmentasi atau pemilahan. Langka ini adalah bagian dalam proses memacu pertumbuhan ikan gurami yang mencangkup kiat memilih lokasi, memilih benih,nmemberi pakan serta mencegah hama dan penyakit.

Dari informasi diatas, sebenarnya kita dapat mengambil garis besar dari kendala-kendala budi daya ikan gurami. Diantaranya adalah buruknya kualitas air, sanitasi, pemberian pakan. Dari hal-hal tersebut ternyata saling berkaitan dalam upaya sukses atau tidaknya usaha budidaya ikan gurami tersebut. Untuk itu, sebaiknya kita siapkan dulu hal-hal diatas secara baik sebelum kita memulai budi daya ikan gurami agar mendapat hasil yang maksimal.

Tidak usah khawatir akan kegagalan, dalam artikel berikutnya kita akan bahas tentang kiat sukses budidaya ikan gurami...  tetap semangat dan semoga informasi tentang kendala budidaya ikan gurami ini dapat bermanfaat...

SALAM SUKSES!!!

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Kendala Budidaya Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

4 comments:

  1. VAZBET menyediakan promo terbaru !!!
    Promo Tembak Ikan Online !!!
    - Bonus Deposit Awal Member Baru 20% (minimal 100.000)
    - Maksimal Bonus 500.000,-
    - Minimal Deposit 25.000,-
    - Ada bonus CASHBACK 10% dari jumlah WIN/LOSE per-minggu
    Tunggu Apa Lagi? Ayo Join VAZBET !!!

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  4. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete

Back to top