Belajar Mengenal Gurami

Sebelum kita membahas semua seluk beluk budi daya ikan gurami, alangkah baiknya kita mengenal ikan gurami itu sendiri. Seperti kata pepatah, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Apabila kita tidak mengenal bagaimana ikan gurami itu sendiri, bagaimana mungkin kita akan membudi dayakan secara baik dan benar.

Belajar Mengenal Gurami

Apabila kita tidak secara benar membudi dayakan ikan gurami tersebut maka hasil yang kita dapat akan tidak memuaskan. Sederhananya hasil yang kita dapat berbanding lurus dengan cara kita dalam menganal dan membudi dayakan ikan gurami tersebut. Langsung saja, kita mulai untuk mengenal ikan gurami tersebut.

Gurami (Ospbronemus Gourami) merupakam ikan yang air tawar yang banyak menghuni rawa-rawa, danau atau daerah yang perairannya tenang. Sebagai ikan hasil budi daya, gurami banyak dipilih petani karena mampu berkembangbiak secara alam dan mudah dalam pemberian pakan. Dari aspek bisnis, keuntungan yang dapat didapat dari budi daya ikan gurami ini adalah harga jualnya yang cukup tingga dan relative stabil.

Gurami masuk dalam family Anabantiade atau betook-betokan. Ikan gurami sebagai ikan hias dan ikan konsumsi sudah dikenal sejak dahulu kala, sekitar tahun 1800-an. Secara persis ikan gurami ini belum diketahui darimana daerah asalnya. Namun banyak yang berpendapat bahwa ikan gurami ini berasal dari daerah Kepulauan Sunda Besar (Jawa Barat).

Hal itu cukup beralasan, karena hingga saai ini daerah Jawa Barat masih terkenal sebagai daerah pusat budi daya ikan gurami. Selain daerah Jawa Barat, ada daerah lain yang sudah menjadi pusat budi daya ikan gurami, diantaraya Magelang, Purwokerto, Payakumbuh dan Airmadidi.

Ikan gurami ini merupakan ikan yang sensitif. Terutama terhadap suhu dingin. Suhu yang optimal untuk pertumbuhan ikan gurami adalah 24-28 C. Biasa daerah dengan suhu tersebut merupakan daerah dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian antara 50-400 meter diatas permukaan laut. Walau demikian, ikan gurami dapat diusahan di ketinggian 600 meter, bahkan di dekat pantai dengan air payau.

Bentuk fisik ikan gurami sangat khas. Tubuhnya pipih dan agak panjang. Dibagian dahi ikan gurami dewasa ada tonjolan yang menyerupai cula, tonjolan ini tidak di temukan pada gurami anakan atau gurami muda. Pada gurami anakan terdapat ciri khas berupa garis-garis hitam yang melintang di tubuh ikan gurami anakan.

Rata-rata ikan gurami memiliki mulut yang kecil dan bibir bagian bawah sedikit lebih panjang dari pada bibir bagian atas ikan gurami. Sisik ikan gurami berukuran tebal dan tidak rata pada bagian tepinya. Ketika masih muda punggung gurami berwarna biru kehitaman, sementara bagian perutnya berwarna putih.

Warna ikan gurami akan berubah seiring pertumbuhan menjadi dewasa, bagian punggung menjadi kecoklatan dan bagian perut menjadi keperakan. Setalah dewasa, panjang ikan gurami dapat mencapai 65 cm dan beratnya bisa mencapai 10kg. Secara alamai pertumbuhan ikan gurami paling pesat terjadi saat umur 3-5 tahun.

Di habitat aslinya, ikan gurami berkembang biak pada musim kemarau saja. Namun, sekarang di tempta perkembang biakan ikan gurami dapat berkembang sepanjang musim. Ketika perkawian ikan gurami terjadi, sang jantan akan membuat sarang dari rumput-rumputan atau dahan kecil di pinggiran kolam.

Biasanya sarang di sembunyikan di bawah tumbuhan air. Setelah pemijahan, induk betina akan menghasilkan telur sebanyak 300-500 butir. Satu bulan kemudian ikan telur tersebut akan menetas dan menjadi larva.

Gurami memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari udara karena adanya labirin yang terletak di atas atau belakang insang. Labirin tersebut sebenarnya adalah alat untuk pernafasan tambahan yang merupakan turunan dan lembar pertama insang. Karena itu sering didapati gurami mengeluarkan mulutnya di atasa permukaan air. Dengan cara terebut, ikan gurami dapat bertahan hidup di air dengan kandungan oksigen terbatas.

Saya kira hal-hal diatas dapat memberikan sedikit gambaran terhadap kita semua tentang ikan gurami. Semoga artikel tentang pengenalan ikan gurami ini dapat bermanfaat bagi kita semua...

SALAM SUKSES!!!!

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Belajar Mengenal Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

3 comments:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  2. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  3. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete

Back to top