Pola Pemilahan Gurami

SALAM SUKSES!!!

Kali ini kita akan membicarakan tentang belajar pola pemilahan gurami setelah sebelumnya kita membahas artikel belajar mengenal ikan gurami. Mungkin dari teman-teman semua sudah ada yang pernah tahu minima mendengan tentang pola pemilahan itu sendiri, namun tidak salah apabila saya menulis disini sebatas sepengatahuan saya. 
Pola Pemilahan Gurami

Mungkin banyak yang bertanya apa yang di sebut pola pemilahan? Bagaimana prosesnya? Keuntungan apa yang diperoleh dari pola pemilahan? Nah, dari pada menebak-nebak tidak jelas, mari kita bahas tentang poa pemilahan tersebut dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ikan gurami terkenal karena kelezatannya. Namun sayangnya, pertumbuhan ikan gurami tergolong lambat. Jika pola budi daya tidak dilakukan secara tepat dan benar, maka bukan tidak mungkin untuk menghasilkan ikan gurami yang besar dalam waktu yang sangat lama. 

Contohnya untuk menghasilkan ikan gurami dengan b erat 1 kg membutuhkan waktu lima tahun. Dari contoh kasus di atas, akan berakibat pada lambatnya perputaran modal bagi anda sekalian yang ingin berbisnis budidaya ikan gurami. Akibat permasalhan diatas, banyak anggapan dari teman-teman yang akan memulai usaha budi daya ikan gurami tergolang susah. Padahal, seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga ikan gurami di pasaran cukup tinggi dan stabil. Terlebih permintaan akan ikan gurami bisa datang setiap hari.

Saat ini banyak penelitian tentang teknik atau pola yang tepat guna memacu pertumbuhan ikan gurami. Teknik yang banyak di lakukan pada saat ini adalah teknik pemilahan atau segmentasi terhadap ikan gurami tersebut. 

Dengan teknik ini budi daya ikan gurami secara keseluruhan akan mendapatkan keuntungan. Inti dari teknik ini adalah melakukan pemilahan secara tegas terhadap setiap fase dari siklus hidup ikan gurami tersebut. Fase pembenihan misalnya, harus di pisahkan dari fase pendederan. Begitu pula dengan fase pendederan, harus dilakukan dengan konsentrasi khusus dan terpisah dari fase pemmbesaran.

Secara garis besar pola pemilahan tersebut adalah memberikan perlakukan khusus, terpisah dan berbeda terhadap fase-fase yang dilalui. Hasil dari pola pemilahan tersebut akan dapat mempercepat usia panen gurami siap konsumsi (500 gram/ekor) hingga 2-4 bulan untuk masing-masing usia pemilahan.

Contoh praktek sederhananya sebagai berikut, seorang petani ikan gurami yang ingin menghasilkan ikan guramin dengan ukuran konsumsi tidak perlu repot memelihara ikan sejak ukuran kuaci atau umur 30 hari. Pemelihara dapat dimulai dari ukuran benih 100 gram/ekor. 

Dengan ukuran benih tersebut, petani dapat melakukan panen ikan gurami untuk ukaran konsumsi hanya dalamwaktu 5-6 bulan masa pemeliharaan. Bila tanpa pola pemilahan, petani tersebut memerlukan waktu kira-kira 1,5 tahun untuk menunggu masa panen.

Pola pemilahan juga dapat mempercepat usaha pembenihan. Dalam waktu kira-kira 1 bulan saja sudah mampu menjual benih ukuran 1 cm. Selain itu keuntungan dalam proses ini adalah apabila harga benih ikan gurami sedang jatuh, petani ikan gurami bisa menahana tidak menjualnya dulu sampai benih ikan gurami ini lebih besar ukurannya. Pola ini sangat menguntungkan untuk diterapkan pada ikan gurami, karena ikan gurami memiliki rentang waktu jual yang cukup panjang dibandingkan ikan jenis lain.

Pada akhirnya, proses pemilahan atau segmentasi ini menghasilkan pola pilihan usaha. Bagi anda yang ingin memulai usaha budi daya ikan gurami namun hanya memiliki modal dan lahan kecil, usaha pemijahan dan pembenihan dapat menjadi pilihan yang terbaik. Sebagai modal utama dalam usaha pembenihan ini adalah lahan, bibit ikan dan pakan. Biaya pakan pada usaha pembenihan ini tidak sebesar pada fase pendadaran dan pembesaran, sebab masa pemeliharaan yang relatif singkat dan jumlah pakan yang tidak terlalu banyak.

Selain modal utama diatas yang terpenting lagi adalah tekat dan kemauan yang keras. Selain itu rasa pantang menyerah yang tinggi harus dimiliki agar kita dapat merasakan manisnya hasil bisnis budi daya ikan gurami.
Semoga tuliasn tentang Pola Pemilahan Gurami ini dapat bermanfaat... 

SALAM SUKSES!!!!!!

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Pola Pemilahan Gurami yang ditulis oleh Budidaya Ikan Gurami yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budidaya Ikan Gurami

4 comments:

  1. VAZBET menyediakan promo terbaru !!!
    Promo Tembak Ikan Online !!!
    - Bonus Deposit Awal Member Baru 20% (minimal 100.000)
    - Maksimal Bonus 500.000,-
    - Minimal Deposit 25.000,-
    - Ada bonus CASHBACK 10% dari jumlah WIN/LOSE per-minggu
    Tunggu Apa Lagi? Ayo Join VAZBET !!!

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete
  4. EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

    Ayo Join Bersama EDENPOKER
    - Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

    ReplyDelete

Back to top